17 February 2010

Pak, Gus Dur agamanya apa?


nuansa, pena, gus dur, arca, patung
Pak, Gus Dur agamanya apa?

New Post ini adalah kelanjutan dari Puisi “Arca atau Patung Gus Dur (KH Abdurahman Wahid)” dan kalau ada yang menanyakan kenapa saya membuat judul “Pak, Gus Dur agamanya apa?”, karena ada seorang anak menanyakannya, dia habis nonton penayangan patung Gus Dur di sebuah TV Swasta. Disini jelas bahwa keberadaan patung atau arca dibawah ini, mengaburkan agama apa yang diyakini Gus Dur .

Sekarang apa yang terjadi dengan meninggalnya Gus Dur,

1) Tanah kuburannya diambil dibawa pulang, untuk apa …… ?
2) Dibuatkan Arca atau patung, untuk apa …… ?

Coba cari dan perhatikan jawaban yang beredar di media cetak dan elektronik, apakah jawaban/alasannya sesuai dengan apa yang diperintahkan Rasulullah ke Ali bin Abi Thalib dengan sabdanya: "Jangan engkau biarkan sebuah patung pun kecuali engkau hancurkan dan jangan pula engkau biarkan kuburan yang ditinggikan kecuali engkau ratakan (dengan tanah)." (HR. Muslim)

Apakah jawaban/alasannya sesuai dengan Firman Allah :

"Dan sesungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap ummat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah saja dan jauhilah thaghut itu." (QS.An-Nahl:36)
Thaghut adalah segala sesuatu yang diibadahi selain Allah dalam keadaan ridha.

"Dan mereka berkata: "Jangan sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) tuhan-tuhan kamu dan jangan pula sekali-kali kamu meninggalkan (penyembahan) Wadd, dan jangan pula Suwa’, Yaghuts, Ya’uq dan Nasr". (QS.Nuh :23).

Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhu- berkata dalam menafsirkan ayat ini (QS.Nuh :23), "Ini adalah nama-nama orang shalih dari kaum Nuh. Ketika mereka telah meninggal, setan pun datang mewahyukan kepada kaum meraka untuk mendirikan patung-patung itu dengan nama orang-orang shalih, mereka pun melakukannya, tetapi orang-orang sholih itu belum disembah. Tatkala mereka meninggal dan ilmu telah dilupakan, maka patung-patung orang shalih itu pun disembah". [HR. Al-Bukhariy dalam Kitab Tafsir Al-Qur’an (4920)]

Maaf bila saya salah mengartikan, butuh bimbingan dan ulasan Ulama yang peka terhadap masalah ini, biar orang seperti saya tidak bingung! Dan supaya tidak ada lagi Arca atau Patung Ulama lainnya. Seperti Arca atau Patung Kyai Haji Abdurahman Wahid dibawah ini:


Jangan ada pertanyaan seperti judul diatas!

53 komentar

16 February 2010 at 15:48

mengamankan yang pertama dulu.

16 February 2010 at 15:53

banyak yang kagum pada Pribadi beliau sehingga, kekaguman itu diungkapkan secara berlebihan yang malah mengarah ke hal2 yang bertentangan dengan islam.

16 February 2010 at 15:58

Mereka seperti menyembah berhala...
tapi masih menyebut dirinya orang yang beriman dan betakwa kepada Allah...
Ckckckckc...

16 February 2010 at 16:03

bahkan kata Ust Abu Bakar ba'asyir klo gusdur itu murtad

entah bagaimana beliau menilai hal itu

16 February 2010 at 16:15

kasihan Gus Dur..
sebaiknya kalo kita bangga dengan Gus Dur tiru semangantnya dalam bertoleransi jangan membuat patung aneh yang mengundang pro kontra seperti itu dan pembuatan patung itu menurut saya tak ada gunanya bagi siapapun..

salam blogger :D

16 February 2010 at 16:28

Astagfirullah..ini teh beneran.??
wueh..saya baru baca berita ini...
duh..kok jadi kayak gini ya..
jadi miris ngeliatnya..
T_T

16 February 2010 at 17:12

no coment ini sensitif but good post,,

16 February 2010 at 18:01

artikel yang menarik...

please komen ya....

Dunia Iptek Di kalangan Pelajar

16 February 2010 at 18:07

Yups Mas, semua yang kebablasan ndak baik ya...

16 February 2010 at 18:11

semoga bisa sadar deh yang nyoba buat patung ntu....

16 February 2010 at 18:37

dmana itu?

16 February 2010 at 18:38

yang sponsori siapa?

16 February 2010 at 18:44

WAH,JADI DIDEWAKAN YA...

16 February 2010 at 20:01

Walau saya kagummmmmm bangedz sama Gus Dur, tapine gag setujuh jadikan arca u/ mengenang jasa beliau. Musryik.... berhala, aihh sok ya saya. Biar ajah, emang g2 ko'kan muslim. we'

16 February 2010 at 21:08

Walaupun Gus Dur memang tokoh bangsa..
yaa jangan sampai sebegitunya lah dibuat arcanya segala..
cukuplah di kenang saja apa yang baik2 darinya..
waah itu bener ada tuh arcanya, duuh kebangetan banget yang bikin

16 February 2010 at 23:20

Saya rasa, tergantung orang memaknai patung itu.
Buat saya pribadi, jika patung yang dibuat seperti itu, sungguh merupakan pelecehan, bukan kekaguman pada beliau

17 February 2010 at 06:49

Miris sekali ya dengan wafatnya Gusdur yang disalahgunakan, walau mengkultuskan sekalipun, tetap akan menjadi Syirik kepada para pengkultus, Seorang Gusdur kharismanya yg luar biasa yang membuat terkagum, dan kekagumannya bermacam2.

17 February 2010 at 07:07

Penjelasan sudah berdasarkan Alquran dan hadist dengan tepat mas akhmad...inilah perlulnya pengetahuan agama dalam hidup ini agar tidak terjerumus kedalam hal hal yg bisa mencelakai diri kita sendiri..

17 February 2010 at 07:30

Prihatin memang ngeliat keadaan masyarakat yg kaya gini .

17 February 2010 at 09:06

wah... aku kok baru tahu kalo bakalan dibuat patung gusdur... tapi jangan untuk disembah lho ya??? hehehe.. tapi beliau memang sosok yang sangat mengagumkan..begitu mempesona perangainya...

17 February 2010 at 10:37

kok rasanya lebih parah dari zaman jahiliyah..
turut prihatin mas..

17 February 2010 at 11:36

Astaghfirullahal 'adzim...
Tuntunannya sudah jelas, Al-Qur'an dan Sunnah Rasul.
Penjelasan Mas Edipun cukup memberi pencerahan bagi pembaca. Semoga Allah meridloi. amiiin

17 February 2010 at 11:43

setuju om... apalagi patungnya mirip patung budha gitu

17 February 2010 at 12:47

salam sahabat
kok kematian beliau timbul kabar ini dan itu sich?ada apa ya dibalik semua ini thnxs this info n good luck

Buat saya biasa aja tuh...

Karena sama-sama manusia, sama-sama makan nasi dan ... pokoknya sama-sam manusia.. hehehe...

17 February 2010 at 13:55

Ini mungkin rasa trimakasih umat beragama terhadap beliau.

17 February 2010 at 15:02

Bentuk penghormatan kepada Alm. Gus Dur yang kurang tepat ya..?
Aku juga gak sreg dg adanya Arca Gus Dur itu.

17 February 2010 at 15:39

setuju sobat. Saya salut atas keberanian anda membahas hal ini. wassalam

17 February 2010 at 17:32

berkunjung ke tempat tetangga....

17 February 2010 at 19:04

kagum sih kagum tapi jgn lebay ya, mas? itu kan intinya.

17 February 2010 at 19:16

waduh2 baru tau saya..klo menurut saya sudah g benar ini.. klo buat patung arca buat gus dur itu bukan lagi penghargaan tapi sama saja melecehkan gus dur..emang gus dur dewa ya?..seharusnya bukan dengan begini kita menghargai ulama besar ini itu malah telah keluar dari tuntunan islam...

17 February 2010 at 19:47

selamat malam mas Edi, sukses selalu ya...

17 February 2010 at 19:47

silaturahim... :-)

17 February 2010 at 21:19

udah ngak benar nich sobat, kok bisa ya?

17 February 2010 at 21:55

masyarakatnya lagi sakit,,

17 February 2010 at 23:52

Saya juga kurang setuju kalo dibuat patung Gus Dur, takut disalahgunakan.
Biarkan Beliau berpulang dengan tenang...

18 February 2010 at 05:55

artikel yang mencerahkan....please komen baliknya...Dunia Iptek Di kalangan Pelajar

18 February 2010 at 07:15

hehehehe....
baru tau ada arca nya pak gus dur

18 February 2010 at 08:13

Seharusny mata bathin orang-orang Islam yang suka menghina Islam itus endiri terbuka, karena bagaimanapun kematian Gus Dur telah membuka mata hati kita ...

Tahu kenapa .... karena Gus Dur pun meninggal dan dikebumikan layaknya seorang Muslim walau Beliau pernah menghina Al-Quran sekalipun ....

18 February 2010 at 09:20

@ all >> Alhamdulillah, dengan beberapa komentar diatas kita dapat menyimpulkan tidak ada manusia yang sempurna, jadi hilangkanlah pengkultusan terhadap siapa saja yang kita kagumi, hanya Allah lah yang patut disembah.

Astaghfirullah hal adzim

Subhanallah wal hamdulillah wala illaha illah wallahu akhbar...

18 February 2010 at 09:29

dengan adanya patung gus dur, orang akan beranggapan lain dengan agama kita..
mudah2an orang yang membuat patung itu diberi petunjuk oleh Allah.. amin..
smoga tidak ada patung2 berikutnya..

18 February 2010 at 11:58

Subhanallah.. bener2 gila dah, kok blum jg dihancurkan tu patung yah!

18 February 2010 at 17:05

saya bukan fans beliau tapi agak hafal kisah hidup masa kecil dan muda beliau bukan dari buku.. dan jika para ulama khususnya NU, membiarkan masalah patung ini ; karena mungkin menganggapnya sebagai simbol penghargaan tertinggi, bukan pendewaan atau penyembahan. dan saya tidak begitu yakin bahwa beliau menangis melihat hal ini karena saya tidak bisa meneropong mas dan karena Gusdur adalah sosok yang sangat membebaskan manusia dalam menafsirkan dan memaknakan arti beragama; hal ini sangat sangat baik bagi pluralisme dan kerukunan beragama; namun menjadi agak rancu dalam tafsir hukum Islam pada kalangan tertentu. kabuuurr

19 February 2010 at 14:23

heheh..

ya jelas islam agamnya


berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasih :D

20 February 2010 at 20:51

hmmm mau komen tapi takut salah ah..
tetap SEMANGAT!!

21 February 2010 at 09:44

yang pasti setiap orang punya kekurangan dan kelebihan, kita ambil saja yang segi positifnya saja

22 February 2010 at 05:32

postingan yang sangat mencerahkan sahabat

22 February 2010 at 05:34

maaf baru bisa berkunjug lagi apa kabar wah komentnya nggak nyambung banget nih sorry ya mas

22 February 2010 at 21:16

kalau aq tetep yakin Mbah Duh agamanya islam

Menampilkan Pesan Dibawah Judul Postingan

26 February 2010 at 16:42

Ha-ah bang...
Koq malah cenderung Klenik ya...

Atau Iman kita yang belum kuat dan masih terpengaruh kepada Pengkultusan terhadap manusia.

Semoga dengan Maulid ini kesadaran itu bisa tumbuh kembali.

26 February 2010 at 18:25

@ Ari >> Amin!

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!