1 August 2010

Panitia Seleksi Calon Pengganti Pimpinan KPK meloloskan 12 Nama, sebagai pengganti Antasari Azhar

Panitia Seleksi Calon Pengganti Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kemarin meloloskan 12 nama sebagai pengganti Antasari Azhar, siapa saja mereka?

Inilah 12 calon pengganti pimpinan KPK berdasarkan abjad:

  1. Ade Saptomo (akademisi)
  2. Aji Sularso (mantan pejabat BPK)
  3. Bambang Widjojanto (pengacara dan aktivis)
  4. Irjen Pol Purn Chaerul Rasjid (kepolisian)
  5. Fachmi (jaksa)
  6. Firman Zay
  7. Fredrich Yunadi JD
  8. I Wayan Sudirta
  9. Jimly Asshiddiqie
  10. Junimo Jahja (Dirut Perum Peruri dan mantan Deputi KPK)
  11. Meli Darsa (akademisi)
  12. Muhammad Busyro Muqoddas

Keputusan diambil atas dasar makalah tanpa nama. Penilaian atas makalah dibuat tim independen dalam bentuk angka, lalu disusun berdasarkan ranking.

Dalam seleksi makalah, Panitia Seleksi menetapkan lima elemen yang harus ditulis peserta, yaitu:

  1. pengetahuan mengenai perkembangan anatomi korupsi,
  2. kerangka hukum dan kebijakan nasional mengenai korupsi,
  3. hubungan pembangunan nasional dengan korupsi,
  4. visi dan misi peserta seleksi dalam memberantas korupsi,
  5. kesimpulan.

Kelima elemen ini dinilai terpisah oleh tiga penilai. Nilainya kemudian dijumlahkan dan dibagi tiga.

Selanjutnya, 12 peserta yang lolos berhak mengikuti tes berikutnya, yaitu profile assessment pada Rabu pekan depan. Setelah lolos di tahap ini, peserta akan menjalani tes wawancara dengan Panitia Seleksi.

Panitia Seleksi juga akan mengunjungi rumah para calon. "Tujuannya mengetahui keadaan keluarga yang bersangkutan," ujar Patrialis. Terakhir Panitia Seleksi akan menyaring dua nama calon untuk diajukan ke Dewan Perwakilan Rakyat, kemudian dipilih satu nama.

Mungkin ada yang belum tahu siapa saja anggota Pansel KPK, Berikut merupakan nama-nama anggota Pansel KPK yang diumumkan Dipo Alam di Kantor Presiden, Selasa, 11 Mei 2010, berdasarkan Keputusan Presiden No 6 tahun 2010 tentang Pembentukan Panitia Seleksi Calon Pengganti Pimpinan KPK. Keppres ini ditandatangani pada 8 Mei lalu.

Ketua:
- Patrialis Akbar (Menkumham)

Wakil Ketua:
- Irjen Pol. M. H. Ritonga (mantan anggota Pansel sebelumnya)
- Soeharto

Anggota:
- Achmad Ubbe (merangkap Sekretaris)
- Ahmad Syafi'ie Maarif
- Todung Mulya Lubis
- Rhenald Kasali
- Basrief Arief
- Akhiar Salmi
- Erry Riyana Hardjapamengkas
- Muhammad Fajrul Falak
- Ichlasul Amal
- Hariyadi B. Sukamdani

Harapan kita sebagai masyarakat, semoga negara kita mendapatkan pimpinan KPK yang benar-benar berilmu, jujur, adil, tegas dan bermoral baik! 

Sumber:

22 komentar

1 August 2010 at 13:21

Seomga saja pimpinan KPK nanti dapat bekerja dengan baik (jujur, adil, tegas dan amanah)

1 August 2010 at 16:47

aq hanya berharap saja moga para petinggi KPK nantinya bisa lebih baik dr sebelumnya

1 August 2010 at 20:19

Amin.. semoga segala harapan baik kita kelak akan benar2 terwujud... :)

1 August 2010 at 22:04

semoga seleksi ini berhasil memilih seorang bakal calon pemimpin KPK yang jujur dan tegas

1 August 2010 at 22:19

Tugas berat telah menanti bapak2 Calon ketua KPK.. smoga tetap amanah dalam menjalankan tugasnya,

1 August 2010 at 22:22

salam sahabat
lama ga kesini makin kuuuueeereeen hehehe...siapapun yg jadi semoga lebih baik lah keadaannya hheeheheh

1 August 2010 at 22:28

semoga banget deh.

1 August 2010 at 22:33

semoga makin bener

2 August 2010 at 06:26

Tiada kata seindah cinta, tiada cinta suci tanpa pernikahan,.. dengan tanpa mengurangi rasa hormat, kami bermaksud mengundang sobat blogger semua untuk dapat hadir dan memberikan doa serta restunya, pada hari sabtu tanggal 07 Agustus 2010 (27 Sya'ban 1431H) dalam rangka melaksanakan Walimatul Ursy ... http://eidariesky.wordpress.com/2010/08/01/undangan-pernikahan-eidariesky/

Kok Farhat gak masuk list ya? heheheheh

2 August 2010 at 11:46

semoga tidak salah pilih deh ..

2 August 2010 at 14:23

Dija mau daftar Om...

udah telat ya?

2 August 2010 at 14:24

KPK sekarang kok kelihatannya kehilangan kekuatan ya?
sama sekali gak ditakuti gitu

2 August 2010 at 14:34

semoga bukan hanya seleksi panggung sandiwara...
amin

2 August 2010 at 14:47

Sebentar lagi kantor tempat aku bekerja akan diperiksa oleh KPK,

2 August 2010 at 15:03

yups neh moga kpk bener tegas dan jantan. he
tak terintervensi apapun, hidup kpk...

2 August 2010 at 19:24

kami akan selalu menunggu keputusan terakhir, siapa ketua KPK selanjutnya...

2 August 2010 at 19:24

semoga saja para calon KPK bila terpilih nantinya dapat mengemban AManat.

2 August 2010 at 21:15

Semoga akan menghasilkan pimpinan KPK yg betul2 berani untuk memberantas korupsi, tegas, adil dan tidak ikut2an jadi pemain ...... atau tidak terlibat affairs, persekongkolan de el el

2 August 2010 at 22:49

Semoga nanti yang terpilih sbg Ketua KPK benar2 bisa menjalankan amanat dg sangat baik. Amin...

2 August 2010 at 23:16

semoga lembaga pemberantas korupsi ini benar2 meberantas korupsi

3 August 2010 at 12:28

semoga saja kharisma KPK makin baik dan kinerjanyapun menyamankan perasaan rakyat

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!