23 December 2013

Jokowi, Gubernur Karismatik yang Dicintai Masyarakat

Jokowi, Gubernur Karismatik yang Dicintai Masyarakat
 
Jokowi, Gubernur Karismatik yang Dicintai Masyarakat by nuansa pena
Joko Widodo
Siapa di antara masyarakat berbagai propinsi di Indonesia yang tak kenal Jokowi (Joko Widodo)? Di tengah-tengah rasa frustrasi akibat maraknya pejabat yang melakukan korupsi dan nepotisme jabatan, Jokowi muncul sebagai figur yang membawa angin segar dalam hal pemerintahan. Sebagai Gubernur, Jokowi bukan hanya membuat berbagai kebijakan yang diniatkan untuk mengubah Jakarta menjadi kota yang lebih ramah bagi masyarakat, namun ia juga tak segan turun ke lapangan untuk meninjau keadaan masyarakat atau akrab disebut ‘blusukan.’


Bersama rekannya Basuki T. Purnama alias Ahok yang menjadi wakil gubernur, Jokowi dan Ahok membentuk pasangan yang berkarisma; jika Ahok tegas, Jokowi lebih banyak menunjukkan sifat kebapakan walaupun sesekali ketegasannya juga muncul ketika menemukan hal-hal yang tak bisa ditoleransi di lapangan.

Nama Jokowi kini bukan hanya dikenal sebagai gubernur DKI, namun juga sosok pemimpin karismatik dengan aura kerakyatan dan dekat dengan masyarakat. Banyak masyarakat yang berkeinginan Jokowi sebagai Presiden di masa datang, semakin hari semakin menguat dukungan yang beliau dapatkan bahkan sudah ada yang menggalang tandatangan untuk menjadikannya sebagai Presiden.

Latar Belakang yang Membekas

Dalam berbagai profil Jokowi, disebutkan bahwa masa kecilnya yang miskin dan sempat diwarnai penggusuran sebanyak 3 kali terhadap rumah keluarganya telah menjadi salah satu bahan pertimbangannya untuk membuat keputusan selama menjabat menjadi Gubernur serta Walikota Solo, jabatannya sebelumnya. Gubernur kelahiran Surakarta 21 Juni 1961 menjadi Walikota Solo karena didorong keinginan untuk meningkatkan penataan kota tanpa menggusur hak-hak orang miskin.

Prestasi yang didasarkan pada prinsipnya tersebut cukup mengagumkan. Ketika menjadi Walikota Solo, ia berhasil menata ulang kota yang tadinya ruwet menjadi lebih rapi, dengan tata kota yang sangat apik. Ia merelokasi pedagang kaki lima untuk diberi tempat berdagang baru yang lebih rapi, membuka fungsi taman kota dan hanya mau bekerjasama dengan investor yang memikirkan kepentingan tata kota dan masyarakat kecil. Gaya dan aura kepemimpinanya pun khas; ia selalu berusaha berkomunikasi langsung dengan masyarakat sehingga kesannya sangat dekat.

Hasilnya, selain berhasil menata ulang kota Solo, ia juga berhasil membuat Surakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang tata ruangnya paling baik, serta menjadikannya sebagai lokasi penyelenggaraan Festival Musik Dunia.

Kiprah Sebagai Gubernur

Kemenangan Jokowi-Ahok atas Fauzi Bowo-Ramli pada tahun 2012 sebagai Gubernur merupakan sesuatu yang mencengangkan, namun kemudian dielu-elukan masyarakat. Walaupun banyak pejabat yang menyebarkan kritik pedas, masyarakat justru 100 persen mendukung Jokowi-Ahok dan bahkan ikut menyebarkan dukungan dengan mempopulerkan kemeja kotak-kotak yang menjadi ikon Jokowi dan selalu dipakainya saat kampanye.

Jokowi dan Ahok saat ini telah membuat beberapa program yang bisa dibilang cukup revolusioner, misalnya Kartu Jakarta Sehat, pembangunan rumah susun murah layak huni agar masyarakat tak harus tinggal di perkampungan kumuh tepi sungai atau waduk, mengadakan program lelang jabatan PNS serta mengusahakan agar masyarakat tak lagi menghadapi birokrasi yang berbelit saat mengurus KTP. Saat ini bahkan banyak masyarakat Jakarta yang merasa senang karena mereka tak perlu lagi menyuap staf agar bisa cepat mendapat KTP.

Jokowi bahkan terjun dalam upaya pelarangan pertunjukan topeng monyet, dengan alasan bahwa hal tersebut mempromosikan perlakuan tak manusiawi pada monyet. Walau banyak dicerca pejabat dengan alasan hal itu tak berkaitan dengan tugas utamanya, Jokowi tetap melanjutannya dengan alasan bahwa kepedulian terhadap lingkungan serta kewaspadaan akan bahaya rabies dan penyebaran penyakit lainnya merupakan perhatian utamanya.

Jokowi = Presiden?

Melihat tindak-tanduk Jokowi, saat ini makin banyak masyarakat yang ingin agar Jokowi bisa naik jadi Presiden, menggantikan para elit politik yang menurut mereka hanya bisa korupsi dan memanfaatkan fasilitas mewah. Walau sampai detik ini Jokowi masih terus menegaskan bahwa ia tak berniat menjadi presiden, masyarakat tetap berharap bahwa setidaknya ada masa-masa mendatang di mana Jokowi akhirnya bersedia mempertimbangkannya.

 Related Post:

9 komentar

23 December 2013 at 07:43

Bagi aku pak Jokowi memang keren dah, soalnya dia itu sosok pemimpin yang langsung turun ke lapangan. gak muluk dengan itu itu.. :D

23 December 2013 at 14:57

jokowi memang oke..
visit my blog
Mang Acew

24 December 2013 at 13:24

hidup pak Wi

25 December 2013 at 20:08

semoga selamanya beliau akan selalu seperti itu Amin

26 December 2013 at 00:30

Jokowi kalem, Ahoknya Tegas. Pasangan yang cocok bro

26 December 2013 at 13:32

Jokowi merupakan teladan yang baik untuk ditiru semua pejabat di negeri ini.

27 December 2013 at 09:04

saya kenal sosok jokowi saat menjabat jadi gubenur DKI aja...salah satunya gaya blusukannya membuat rakyat senang :)

27 December 2013 at 13:24

cb pejabat lain sprt pak jokowi...hadeehhh negaraku

10 September 2014 at 21:30

terima kasih gan

kami tunggu post berikutnya
sukes selalu

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!