16 December 2013

Kunci Mengasuh Anak yang Memasuki Dunia Remaja

Kunci Mengasuh Anak yang Memasuki Dunia Remaja 

Dunia Remaja ala Blog Nuansa Pena Kunci mengasuh anak yang sedang mulai memasuki dunia remaja memang perlu diketahui benar oleh setiap orangtua, baik ayah ataupun ibu. Memiliki anak yang baik, berbudi luhur, dan membanggakan sudah pasti menjadi dambaan dari setiap orangtua di dunia. Memiliki seorang anak saja sudah menjadi sebuah anugerah yang luar biasa, bagaimana jika kita berhasil mendidik anak yang akan membanggakan orangtuanya di masa mendatang? Tentu saja hal itu merupakan sebuah mimpi yang menakjubkan bukan? 

Ketika seorang anak beranjak ke dunia remaja, memang bukan hal yang mudah bagi kita untuk mengurusnya. Terlebih lagi mereka yang memiliki kepribadian pendiam dan tidak suka diganggu. Apabila kita membiarkannya begitu saja, bisa-bisa untuk perjalanan hidup seterusnya ia bisa tumbuh menjadi anak dengan pribadi yang tidak baik, bahkan bisa dimusuhi teman-temannya. 

Beberapa kunci khusus untuk mendidik anak di dunia remaja antara lain :
  1. Membiasakannya untuk rajin berdoa.
    Berdoa yang dimaksud adalah sesuai dengan agama yang Anda anut. Jika Islam rajin sholat 5 waktu, jika Katholik dan Kristen harus ke gereja minimal setiap hari Minggu, jika Budha harus rutin ke vihara, dan sebagainya. Dengan mendekatkan dirinya pada Sang Maha Pencipta, maka putra-putri remaja Anda bisa tumbuh dengan jalan yang lurus. 
  2. Jangan terlalu sering melarangnya.
    Memasuki dunia remaja, tentu saja si anak ingin bereksperimen dan mencari tahu hal-hal yang belum pernah ia lakukan, misalnya saja ingin berjalan-jalan ke mall bersama dengan teman sekolahnya. Sebaiknya kita tidak melarang keinginan si anak. Tetapi kita bisa memberinya izin supaya ia juga merasa senang mendapat kepercayaan dari kita. Biarkanlah ia bersosialiasi dengan teman-teman di lingkungan sekitarnya supaya tumbuh menjadi orang yang mandiri dan bertanggung jawab.
Mari kita asuh anak remaja kita dengan kasih-sayang dan pengawasan yang bijak dengan memperhatikan dunianya, kita bisa jadi kawan sekaligus sebagai orangtua.

4 komentar

16 December 2013 at 22:31

semoga dengan perkognsian ini semua sahabat bisa dapat manfaatnya.

17 December 2013 at 05:31

masa paling rentan dalam hidup seorang anak jika orang tua kurang memperhatikan maka bisa salah jalan anak tersebut

18 December 2013 at 20:15

manfaat gan thank informasinya...

19 December 2013 at 17:24

Kunci pengasuhan anak yang bagus. Kalau doa sudah pasti, yang saya suka adalah kunci kedua. Anak kalau sering dilarang-larang justru malah membuatnya tertekan hingga berdampak kurang bagus bagi perkembangan jiwanya.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!