16 January 2014

Profil Ahok: Keras, Tegas, namun Dipuji

Profil Ahok: Keras, Tegas, namun Dipuji

Profil Ahok: Keras, Tegas, namun Dipuji
Ahok
Masyarakat Indonesia, yang terbiasa melihat pejabat negara yang serba ‘asal bapak senang’ dan malas bekerja, kini mendapat angin segar dengan hadirnya Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang juga sama-sama dianggap tokoh karismatik. Akan tetapi, Ahok merupakan tokoh yang dinilai memiliki warna tersendiri. Perpaduan antara sikap tegas dan bahkan keras, namun jujur serta tulus, membuat Ahok banyak dipuji oleh masyarakat.

Ahok memang tipe pejabat yang belum pernah terlihat sebelumnya; ia bahkan terkenal karena membuat beberapa terobosan, seperti mengunggah video rapat internal agar masyarakat bisa melihat dan menilai sendiri kinerja para pejabat yang mengelola daerah mereka. Ia juga tak segan melontarkan teguran keras, bahkan berani menantang stasiun TV populer yang dianggapnya terlalu bias dalam memberitakan informasi. Hal ini membuatnya dipuji sekaligus dikecam, namun toh Ahok jalan terus dengan gayanya yang khas tersebut.

Jago Bisnis dan Manajemen Dulu

Ada alasannya mengapa Wakil Bupati kelahiran Belitung, 21 Juni 1966 ini lebih kerap terlihat duduk di belakang meja sementara Jokowi ‘blusukan,’; Ahok adalah pakar anggaran dan lebih banyak melakukan analisis berbagai pembiayaan, pengeluaran dan pemasukan daerah. Hal ini tentu berkat latar belakangnya yang kental di bidang bisnis dan manajemen.

Ahok yang lulusan Teknik Geologi Universitas Trisakti ini sudah berpengalamn mengelola perusahaan sejak lulus S1, yang dibuktikan dengan mendirikan perusahaan kontraktor pertambangan sendiri bernama CV Panda, dan kemudian mendirikan perusahaan pengolahan pasir kuarsa di Desa Burung Mandi yang diberi nama Gravel Pack Sand setelah lulus S2 Manajemen Keuangan. Ini merupakan salah satu prestasi gemilang Ahok sebelum bergabung dengan partai politik, karena perusahaannya menjadi tombak munculnya kawasan industri di Belitung yang dikenal dengan nama Kawasan Industri Air Kelik.

Sistem manajemen yang diterapkannya pun berhasil menarik investor Korea Selatan yang kemudian setuju untuk membangun fasilitas pengolahan biji timah dan pelabuhan di Kawasan Industri Air Kelik. Kemampuannya dalam hal manajemen serta pengelolaan keuangan terbukti kelak berguna saat dirinya menjabat sebagai Wakil Gubernur.

Karir Politik

Ahok memulai karir politiknya sebagai wakil gubernur Belitung yang dinaungi Partai Perhimpunan Indonesia Baru, dari 2004 hingga 2009. Ia kemudian menjadi gubernur Belitung pada tahun 2005 hingga 2010. Selama memerintah di Belitung, kepemimpinan Ahok dianggap efektif karena ia menyusutkan birokrasi yang berbelit-belit serta membantu masyarakat miskin mendapat biaya kesehatan gratis.

Baru pada tahun 2012, Ahok mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Jokowi, dimana saat itu gaya kampanye keduanya dianggap lain dari yang lain. Jokowi yang lebih santun dan halus serta mudah melakukan pendekatan persuasif, diimbangi oleh Ahok yang lebih tegas, keras dan blak-blakan namun sangat efisien.

Ahok memang tokoh yang tak pernah lepas dari pembicaraan. Walaupun gaya pemerintahannya bersama Jokowi sangat dipuji, ia sendiri tak pelak sering dikritik karena seringkali terlalu blak-blakan saat bicara di media. Karena seorang keturunan Tionghoa yang beragama Kristen, ia pun sering menjadi sasaran sindiran dan kecaman berbau rasis, termasuk yang pernah menjadi perkara lantaran datangnya dari seorang pengacara ternama.

Akan tetapi, sejauh ini, Ahok masih memberikan kinerja yang diinginkan masyarakat Indonesia: pejabat yang keras hati, tegas, namun terbuka, tulus dan rajin dalam bekerja. Dan kini, masyarakat Indonesia menanti hadirnya pejabat lain yang akan mengikuti jejaknya dan Jokowi.

 Video - Aksi Hebat Ahok Di Rapat DPR, Semua Bungkam

 Kontroversi Gaya Kepemimpin Ahok by Jaktv

Video - Ahok - Jakarta adalah Kota Bandit penuh Mafia


Video - Pengamat 'Jakarta penuh bandit, Ahok hadir menghajar bandit !'



Related Post:

13 komentar

16 January 2014 at 07:28

Keras dan tegas namun tetap low profile untuk maslahat kemajuan bersama itu penting juga sih, kalau tidak seperti itu tidak ada perubahan. Masa aparat pemerintah lemah ya Pak. He,, he,, he,,

Salam

16 January 2014 at 07:52

benar benar sangat menggugah nurani agar sosok ahok lahir dari sosok masyarakat yang belum terjamah dan bisa menjadi pemimpin indonesia di akan datang

salam

16 January 2014 at 11:51

@Indra Kusuma SejatiAhok seorang yang Keras dan tegas juga Profesional, pas banget berpasangan dengan Jokowi

16 January 2014 at 11:53

@muhammad khoirudinKita harapkan muncul pemimpin-pemimpin baru dari kalangan muda yang masih bersih seperti Ahok dan Jokowi

16 January 2014 at 16:27

semoga dia benar-benar jujur dan bukan seperti yang dikatakan akun @TrioMacan2000

16 January 2014 at 22:53

Maju terus pak Ahok , pempimpin seperti ini lah yg dicari

17 January 2014 at 07:41

@joeAamiin!

17 January 2014 at 07:43

@Blog OrngYang muda yang profesional ayo tampil ke depan, bangun dan perbaiki negara ini dengan kejujuran dan keberanian!

17 January 2014 at 10:29

Setidaknya kehadiran Ahok membuat bangsa kita bisa kembali memiliki harapan bahwa masih ada pejabat yang bersih, jujur dan tulus.

17 January 2014 at 16:29

@catatan kecilkuYang lain mana yaa, kok tidak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia?

26 January 2014 at 18:43

sosok pemimpin seperti ahoklah yang di butuhkan negeri ini tegas plus disiplin

9 February 2014 at 17:44

sebagai wni saya salut sama ketegasan Pak Ahok, semoga pemimpin2 kita kedepan memiliki ketegasan seperti Pak Ahok.

18 March 2014 at 12:28

Sosok pemimpin yang keras, tegas, segala yang terlontar melalui ucapan beliau merupakan nurani, bukan titipan sponsor, sehingga tidak perlu konsep dalam setiap penyampaian.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!