9 January 2014

Profil Dahlan Iskan: Surat Dahlan Iskan ke Panitia Konvensi Partai Demokrat

Profil Dahlan Iskan: Surat Dahlan Iskan ke Panitia Konvensi Partai Demokrat

Dahlan Iskan Ikut Konvensi Capres 2014 Partai Demokrat

Profil Dahlan Iskan: Surat Dahlan Iskan ke Panitia Konvensi Partai Demokrat
Dahlan Iskan
Dahlan Iskan mengirim surat ke Panitia Konvensi Partai Demokrat dimana beliau meminta dicoret sebagai peserta konvensi bila panitia yakin pengaduan tersebut benar. Jaringan Advokat Publik (JAP) membuat Pengaduan ke Tim Konvensi Partai Demokrat, bahwa Dahlan Iskan korupsi saat menjabat Dirut PLN. 

Isi suratnya:

Kepada Yth:
Panitia Konvensi Partai Demokrat
di Jakarta.

Sehubungan dengan pengaduan pihak yang menamakan diri advokad publik kepada Panitia konvensi Partai Demokrat hari Selasa 7 Januari 2014, dengan ini saya menyatakan agar panitia tidak ragu-ragu dan langsung mencoret nama saya dari daftar peserta konvensi manakala panitia berkeyakinan bahwa pengaduan tersebut benar. Saya memang tidak mengklarifikasi tuduhan-tuduhan tersebut karena saya tidak mau direpotkan oleh fitnah-fitnah seperti itu.

Saya berprinsip bahwa saya harus lebih banyak bekerja daripada menanggapi fitnah. Terimakasih.

Hormat saya:

Dahlan Iskan

Tembusan: Ketua Umum DPP Partai Demokrat

Surat dikutip dari: http://www.suaranews.com

 Pasca reformasi

Reputasi dan sepak terjang BUMN kerap dikaitkan dengan nama Dahlan Iskan, menteri BUMN yang juga mantan Direktur Utama Perusahaan Listrik Negara. Menteri yang memilih sendiri tanggal lahirnya yaitu 17 Agustus ini adalah salah satu menteri yang kinerjanya paling dipuji, namun yang paling utama adalah saat ia masih menjabat Dirut PLN. Terkenal dengan pribadinya yang sederhana dan gebrakannya, Dahlan Iskan menjadi salah satu tokoh pemerintahan yang disukai oleh berbagai lapisan masyarakat.

Memulai Karir sebagai Reporter

Dahlan Iskan yang lahir di Magetan 62 tahun lalu ini berasal dari keluarga yang kurang mampu, yang bahkan tidak ingat tanggal lahir aslinya sehingga Dahlan memilih sendiri tanggal 17 Agustus sebagai tanggal lahir resminya. Ia memulai karir sebagai seorang reporter, pertama di sebuah harian di Samarinda dan lalu di Tempo, sehingga ia memang sudah memiliki jiwa kritis sejak muda. Prestasinya sebagai reporter membuatnya mampu meniti karir sebagai Direktur Harian Jawa Pos, yang dimulai pada tahun 1982.

Dahlan Iskan dikenal sebagai salah satu tokoh paling berjasa dalam sejarah penerbitan surat kabar Indonesia, utamanya karena jasanya dalam hal menghidupkan kembali harian Jawa Pos yang pada saat itu sudah hampir mati dan hanya memiliki oplah harian 6,000 eksemplar, yang terhitung sangat sedikit untuk harian dengan nama Jawa Pos. Gebrakannya dianggap revolusioner, karena hanya dalam waktu 5 tahun, ia berhasil menyukseskan harian Jawa Pos menjadi salah satu koran unggulan.

Dari 6,000 eksemplar, oplah Jawa Pos meningkat menjadi 30,000. Dahlan bahkan juga membentuk jaringan Jawa Pos News Network dan mendirikan 2 stasiun TV dan 2 gedung pencakar langit yang merupakan gedung penerbitan. Hal ini merupakan prestasi berharga yang menekankan kemampuan Dahlan Iskan dalam bidang manajemen dan kepemimpinan. Hingga kini, Jawa Pos masih dibawahi oleh Dahlan dan menjadi salah satu prestasi terbesarnya.

Kepemimpinan di Bidang Energi

Prestasi terbesar Dahlan Iskan, selain di bidang penerbitan, adalah di bidang energi. Dahlan Iskan sempat menjabat sebagai komisaris Fangbian Iskan Corporindo, yang bergerak di bidang pemasangan kabel komunikasi bawah laut SKKL (Sambungan Komunikasi Kabel Laut) yang menghubungkan Surabaya dan Hong Kong. Akan tetapi, belum lama menjabat, ia sudah diminta menjadi Dirut Perusahaan Listrik Negara sekitar akhir tahun 2009.

Episode ini patut dicatat dalam karir Dahlan Iskan, karena manajemennya selama menjabat sebagai dirut dinilai sebagai yang terbaik, apalagi jika dibandingkan kinerja pendahulunya Fahmi Mochtar. Kepemimpinan Fahmi Mochtar dianggap kurang memuaskan karena PLN sering sekali mengadakan pemadaman listrik, termasuk di daerah Jakarta yang merupakan pusat pemerintahan dan salah satu pusat bisnis terbesar. Ia juga mencatat prestasi keberhasilan membangun 5 Pembangkit Listrik Tenaga Surya di lima daerah di Indonesia Tengah dan Timur.

Dahlan Iskan kini menjabat sebagai Menteri BUMN, dan di bawah kinerjanya, BUMN perlahan mulai menjadi lembaga yang bersih dari korupsi. Sistem manajemen dan kepemimpinannya juga dinilai sangat baik, ditambah lagi dengan pribadinya yang sederhana sehingga semakin menambah kesan positifnya di mata masyarakat, walaupun di saat yang bersamaan ia juga dikritik karena tak berhasil melepas kembali saham perdana dari 5 perusahaan di bawah BUMN.

Dahlan Iskan adalah satu dari beberapa menteri yang mendapat pamor cukup positif di mata masyarakat. Kepemimpinan dan manajemen yang efektif terbukti menjadi kunci keberhasilannya di berbagai bidang, dan hal ini terus diterapkannya hingga menjadi menteri BUMN.

13 komentar

9 January 2014 at 20:16

saya suka Sepatu Dahlan.. tapi blom baca lanjutanya.. hehe...

9 January 2014 at 20:50

@MechtaUntuk masalah sepatu dan keberhasilan operasi tidak kami tulis karena sudah banyak yang posting!

10 January 2014 at 07:08

Bapak dahlan iskan ini keren banget, semoga kepribadian baik nya dapat kita Maling. :D

10 January 2014 at 08:13

Sepakat dan sependapat dengan Pak Dahlan, ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus dipenuhi ketimbang sibuk menanggapi isu apalagi fitnahan.

10 January 2014 at 08:52

best (y)

10 January 2014 at 09:33

Keren juga ya Dahlan Iskan
Wajar saja kalau beliau jadi mentri yang populer :)

10 January 2014 at 17:26

sinetronnya kok gak disebutin, hehe

10 January 2014 at 17:42

menjelang capres mulai pada tebar pesona

10 January 2014 at 21:15

i like this blog...!
semangat blogger indonesia

12 January 2014 at 21:27

Sebuah tokoh yang selalu memberikan inspirasi terobosan untuk kemajuan bangsa. Lebih banyak melakukan suatu tindakan dari pada komentar sepertinya itu lebih baik.

Salam,

13 January 2014 at 13:05

Blog yang bagus tapi sayangnya dipenuhi dengan iklan sehingga tidak nyaman.

13 January 2014 at 14:24

kunjungan perdana gan :) ADMIN, blognya sudah saya follow dan Google+,,jika berkenan di follow balik blogku yah disini

http://anaktimor-17.blogspot.com/

15 January 2014 at 10:54

Satu kata buat beliau, BERKARAKTER :)

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!