8 January 2014

Profil Rano Karno, Akankah Si Doel Anak Betawi Jadi Gubernur

Profil Rano Karno, Akankah Si Doel Anak Betawi Jadi Gubernur

Profil Rano Karno, Akankah Si Doel Anak Betawi Jadi Gubernur
Rano Karno
Anda yang menggemari sinetron merakyat Si Doel Anak Sekolahan pasti mengenal nama Rano Karno, si anak asli Betawi yang berhasil menjadi insinyur di sinetron tersebut. Di dunia nyata maka selangkah lagi akan jadi Gubernur menggantikan Ratu Atut. Walaupun namanya baru menanjak setelah era si Doel, Rano Karno sebenarnya sudah menjadi aktor sejak tahun 1972, dimana ia juga memerankan tokoh Doel dalam film garapan Sjuman Djaja. Akan tetapi, tokoh yang lahir pada tanggal 8 Oktober 1960 ini bukan hanya seorang pemain film dan sinetron; ia adalah satu contoh aktor berbakat yang berhasil membuktikan kemampuannya di luar kancah akting.

Lahir dari Keluarga Seniman

Rano Karno sejak lahir seolah memang sudah ditakdirkan untuk menjadi seorang pekerja seni. Ia lahir di tengah-tengah keluarga seniman ternama Soekarno M. Noer yang adalah seorang aktor legendaris Indonesia. Bahkan, Rano Karno memulai karir aktingnya di usia yang masih sangat muda yaitu kurang dari 9 tahun, dimana ia diajak sang ayah untuk menjadi pemeran pendukung dalam salah satu film legendaris Indonesia, Lewat Tengah Malam.

Bukan hanya Rano Karno yang terjun ke dalam dunia seni peran, namun juga saudara-saudaranya yaitu Tino dan Suti Karno, dimana keduanya juga meraih kesuksesan di bidang seni peran. Diekspos ke dunia seni peran sejak kecil pun membuat Rano tak asing lagi dengan seni peran, dimana peran penting pertamanya diperolehnya tepat saat usianya 9 tahun, yaitu sebagai Doel kecil di Si Doel Anak Betawi.

Akhirnya, pada usia yang baru 14 tahun, ia meraih penghargaan sebagai Aktor Cilik Terbaik dalam Festival Film Asia tahun 1974 di Taiwan, berkat perannya dalam film berjudul Rio Anakku yang dibintanginya setahun sebelumnya.

Mendobrak Dominasi Sinetron dan Telenovela

Rano Karno sudah bermain dalam banyak film sejak tahun 1972, di antaranya adalah Wajah Tiga Perempuan (1976), Gita Cinta dari SMA (1979), Roman Picisan (1980), Anak-anak Malam (1986) dan sekitar 30-an lebih judul lainnya. Akan tetapi, salah satu tonggak popularitasnya justru adalah sinetron TV yaitu Si Doel Anak Sekolahan (1993). Di sini, Rano Karno bukan hanya bermain sebagai pemeran utama, namun juga menjadi sutradara sekaligus penulis naskahnya.

Si Doel Anak Sekolahan pun meledak popularitasnya dan dipuji sebagai salah satu tontonan TV paling sehat di Indonesia saat dunia perfilman lokal sedang terpuruk, terutama karena Si Doel memberikan banyak pesan moral dan kesederhanaan di tengah-tengah banjir sinetron dan telenovela asing. Hal ini menunjukkan kepiawaian Rano Karno dalam seni peran, penulisan naskah dan aktifitas sebagai sutradara.

Karir Lain

Sejak tahun 2008, Rano Karno menjalani karir politik sebagai Wakil Gubernur Banten mendampingi Ratu Atut, dan kini ia bahkan selangkah lagi akan meneruskan karir sebagai Gubernur setelah Ratu Atut ditahan KPK sebagai tersangka korupsi. Rano juga pernah menjadi duta pendidikan UNICEF, sebuah posisi yang menjadi salah satu kebanggaan masa lalunya.

Dengan melihat pada perjalanan karir Rano Karno, kita bisa melihat bahwa Rano adalah seorang seniman yang memiliki multi talenta; ia tidak hanya membatasi diri bermain film dan sinetron sebagai aktor, namun ia juga tak takut menjajaki peran sebagai sutradara, penulis naskah, aktifis, pejabat politik bahkan sebagai penyanyi, lagu yang kami sukai duet Rano Karno bersama Ria Irawan membawakan lagu kenangan "Setangkai Anggrek Bulan"

Video - RANO KARNO & RIA IRAWAN - SETANGKAI ANGGREK BULAN

Walaupun masyarakat Indonesia saat ini masih merindukan saat dimana TV menayangkan lagi tontonan bermutu seperti Si Doel dengan Rano Karno sebagai penggagasnya, saat ini masyarakat Banten-lah yang berharap bahwa si ‘tukang insinyur’ ini akan bisa menjalankan peran barunya sebagai gubernur Banten.

Akankah Si Doel Anak Betawi Jadi Gubernur
 
Akankah Rano Karno akan jadi Gubernur beneran? Apakah yang dikatakan Gubernur Banten Ratu Atut berpengaruh jadi tidaknya Rano Karno jadi Gubernur, katanya Rano Karno hanyalah wagub bayaran dengan mahar 6 miliar rupiah dan Ratu Atut punya bukti pembayarannya, Benarkah? Kita tunggu jawaban dari Si Doel Anak Betawi! Sebagai pengagumnya kami berharap semoga tidak benar!

18 komentar

8 January 2014 at 15:59

waah saya ketinggalan berita soal wagub bayaran itu.. jadi penasaran googling beritanya nih.. tapi apapun itu, kalau Gubernur berhalangan atau ada kasus hukum, maka wagub nya yang otomatis naik..

8 January 2014 at 17:06

rano karno emang top, dulu waktu saya masih kecil, sering nonton film si doel anak sekolahan

8 January 2014 at 19:24

Sepertinya si doel anak betawi akan menjadi gubernur saya yakin itu dan semoga memberikan pemerintahan yang bersih dan tegas.

8 January 2014 at 20:00

saya berharapnya sih kalau bang rano jadi gantinya y semoga saja bisa lebih baik, dan mengambil pelajaran dari kasusnya bu atut, BTW kok pk blogspot mas

8 January 2014 at 20:01

6 milyar ? duh mengerikan jika jabatan dihargai dengan uang

8 January 2014 at 20:39

di malaysia juga ada peminat yang ramai rasanya, ramai kenal beliau pada zaman persekolahan dulu-dulu.

8 January 2014 at 21:23

@Rizkyzone.comDomain dot com nya yang di seo kan dan digenjot habis-habisan hanya dapat pr-0, sedang domain blogspot dot com yang ditelantarkan malah dapat pr-3, jadi saat ini menenangkan pikiran dulu dengan balas budi dengan memperbanyak posting domain blogspot dot com he he he ....

8 January 2014 at 21:32

@Goiqhasil googlingnya di posting yaa!

8 January 2014 at 21:33

@ekaTak ketinggalan nonton bersama keluarga, karena untuk segala usia!

8 January 2014 at 21:34

@Abed SaragihAamiin!

8 January 2014 at 21:35

@Djangan PakiesSebagai pengagumnya, harapan kami semoga tidak benar,

8 January 2014 at 21:36

oom rano belum pasti sangat terkejut jika jadi gubernur, menurutku selama ini oom rano belum terlihat kepemimpinannya seperti apa

8 January 2014 at 21:37

@DenaihatiTrims, buat peminat Rano Karno di Malaysia, kami disini juga banyak yang suka Upin Ipin karya Malaysia!

8 January 2014 at 21:41

@bayKarena tidak dapat job strategis dari Gubernur Banten Ratu Atut.

9 January 2014 at 04:59

Rano Karno dengan profil perjalanan kariernya yang telah berhasil mengangkat seni budaya betawi dengan film sinetron si Doelnya Sepertinya untuk menjadi gubernur Banten tidak akan mampu memperbaiki kondisi Banten dalam keadaan singkat. Adapun untuk mengisi kekosongan jabatan, mungkin bisa dan itu pun tidak akan maximal.

Salam,

9 January 2014 at 09:23

Akan menjadi hal menarik kalau misalnya Rano Karno jadi gubernur, karena akan menjadi ujian sesungguhnya apakah benar-benar mampu menjadi pemimpin dan bukan hanya karena popularitas..

9 January 2014 at 11:42

@SukadiKita simak sepak terjangnya Rano Karno jadi Gubernur, semoga kebijakannya nanti tidak merugikan rakyat.

9 January 2014 at 11:44

@Indra Kusuma SejatiKita doakan semoga bisa mengatasi semua keluhan masyarakat! Aamiin!

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!