2 January 2014

Slank, Band Rock Paling Berpengaruh di Indonesia

Slank, Band Rock Paling Berpengaruh di Indonesia

Slank, Band Rock Paling Berpengaruh di Indonesia by nuansa pena
Slank
Dari berbagai nama band legendaris yang terkenal di dalam industri musik Indonesia, nama Slank akan menjadi salah satu yang akan disebutkan. Sebagai salah satu band dengan kiprah yang sudah lebih dari 25 tahun, Slank membawa pengaruh besar dalam hal tren musik, tren pergaulan serta berbagai aspek sosial di Indonesia. Sebuah prestasi yang sangat luar biasa, mengingat fakta bahwa Slank sebenarnya dibentuk oleh sekumpulan anak muda yang pada masanya disebut sebagai anak-anak slenge’an (asal nama Slank).

Semua orang yang menggemari Slank (‘Slankers’) atau mereka yang pernah mendengar lagunya juga mengetahui bahwa Slank sempat mengalami masa-masa suram ketika anggota mereka ada yang menjadi pecandu narkoba. Jadi, bagaimana mungkin band yang dibentuk oleh sekelompok pemuda slenge’an yang beberapa di antaranya bahkan sempat menjadi pecandu narkoba ternyata bisa menjadi salah satu grup musik paling berpengaruh di Indonesia?

Bernyanyi Rock, Menantang Tren Publik

Ternyata, Slank memang sudah ‘menantang arus’ sejak awal dan memancarkan aura musik yang berbeda. Mulanya, band ini dibentuk oleh Bimbim, yang tadinya adalah mantan penggebuk drum untuk band bernama CSC yang biasa membawakan lagu-lagu dari grup rock terkenal Rolling Stones. Ketika grup ini bubar pada tahun 1983, Bimbim tak ingin berhenti bermusik sehingga memutuskan untuk membentuk band sendiri. Band ini tetap mengusung aliran rock and roll dan sempat berganti formasi sebanyak 13 kali, sebelum akhirnya menjadi formasi solid pertama Slank yaitu Bimbim, Bongky, Kaka, Indra dan Pay.

Ketika merilis album pertama mereka di tahun 1990 yang bertajuk ‘Suit…Suit…He he (Gadis Sexy).’ Album ini terwujud setelah berputar-putar mencari studio rekaman yang mau memproduseri album mereka. Hal tersebut tidak mudah karena pada masa itu yang sedang merajai blantika musik Indonesia justru adalah penyanyi-penyanyi Melayu dengan lirik dan nada mendayu-dayu. Ketika album pertama ini meledak dan membuat Slank mendapat penghargaan Pendatang Baru Terbaik dari BSAF Award, dunia musik Indonesia terperangah.

Daya tarik Slank yang sangat kental justru adalah gaya mereka yang cenderung sembarangan, santai dan blak-blakan, jenis karakter yang pada saat itu dianggap sebagai sampah masyarakat bahkan minoritas. Lagu-lagu Slank juga terkesan santai dan menggunakan bahasa yang mudah diterima semua kalangan, tidak sok romantis atau menggunakan bahasa yang kelewat puitis. Bahkan lagu-lagu cinta mereka seperti ‘Kirim Aku Bunga,’ ‘Mawar Merah,’ dan ‘Terlalu Manis’ juga berkesan santai, seperti ungkapan cinta yang slenge’an namun tetap romantis.

Membawa Pengaruh lewat Lagu
 
Slank memang sempat tersandung masalah dan bahkan mengalami perpecahan ketika Kaka dan Bimbim terjebak menjadi pengguna narkoba di pertengahan tahun 1990-an. Untungnya, Kaka dan Bimbim kemudian tersadar dan menolak menggunakan narkoba lagi setelah sebuah peristiwa ‘sakaw’ hampir menghancurkan karir dan merenggut nyawa mereka. Keduanya pun segera mencari anggota baru untuk mengisi kekosongan band, dan memasukkan Abdee serta Ivanka.

Uniknya, dalam setiap biografi dan profil Slank, Kaka dan Bimbim tak pernah menutupi masa lalu mereka. Justru, keduanya giat berkampanye agar anak-anak muda termasuk para Slankers tak meniru jejak keduanya; anggapan bahwa menggunakan narkoba membuat seniman menjadi lebih kreatif selalu dibantah oleh keduanya.

Selain itu, Slank juga terkenal karena membuat lagu-lagu yang liriknya menyindir dan provokatif terhadap hegemoni penguasa, bahkan sempat membuat salah satu lagu mereka dicekal di jaman Soeharto. Beberapa tahun silam, Slank juga sempat menghadapi masalah dengan DPR ketika membuat lagu berjudul ‘Gosip Jalanan’ yang menyindir tingkah laku anggota DPR. Akan tetapi, justru keberanian yang digabung dengan tingkah cuek dan santai band ini yang membuat Slank tetap berjaya.
Video - Slank - Gosip Jalanan 

Mari kita perhatikan liriknya, ternyata sampai sekarang masih terjadi juga ...!

Gossip Jalanan - Slank 

Pernah kah lo denger mafia judi 
Katanya banyak uang suap polisi 
Tentara jadi pengawal pribadi 

Apa lo tau mafia narkoba 
Keluar masuk jadi bandar di penjara 
Terhukum mati tapi bisa ditunda 

Siapa yang tau mafia selangkangan 
Tempatnya lendir-lendir berceceran 
Uang jutaan bisa dapat perawan
Kacau balau ... Kacau balau negaraku ini ... 

Ada yang tau mafia peradilan 
Tangan kanan hukum di kiri pidana 
Dikasih uang habis perkara 

Apa bener ada mafia pemilu 
Entah gaptek apa manipulasi data 
Ujungnya beli suara rakyat 

Mau tau gak mafia di senayan 
Kerjanya tukang buat peraturan 
Bikin UUD ujung-ujungnya duit 

Pernahkah gak denger teriakan Allahu Akbar 
Pake peci tapi kelakuan barbar 
Ngerusakin bar orang ditampar-tampar 

Lirik yang dibuat Slank pada jaman Presiden Soeharto, ternyata terjadi dan terjadi lagi, entah sampai kapan, dengan lantang mereka membela dan menjawab ..."Itu Oknum!" Ada kejadian yang lebih parah lagi ini bukan yang pertama, sudah ada dipenjara akan dilantik jadi penguasa! Dan yang memalukan didalam terali besipun masih menjalankan pemerintahan! Apa gunanya hukum di negara kita??? 

14 komentar

2 January 2014 at 09:37

mantap gan...

2 January 2014 at 14:10

Wah, aku bukan termasuk penggemar Slank nih pak hehehe

2 January 2014 at 21:48

Bener banget, Mas Edi. Slank pernah bermasalah dengan anggota dewan. tapi bukan slank kalau ndak dapat simpati publik. semakin divenci wakil rakyat justru makin membuat pamornya yang sudah moncer jadi kian cemerlang. salut buat slank dan slankernya.

3 January 2014 at 07:14

Saya juga ingat dengan lagu Slank yang dipermasalahkan anggota dewan tersebut. Mereka memang patut dipuji secara karya. Semoga tingkah polah mereka pun semakin lebih baik dan menginspirasi banyak anak muda..

3 January 2014 at 11:50

Slank emang ngga ada mate-nya.
sejak awal kemunculannya udah ngidolain banget grup ini, malah jaman tinggal di pasar minggu, saya teh sering maen ke Gang Potlot tempat kongkow slangker....saya mah ngga masuk komunitasnya, cuman seru liatain abegeh slangker yang kelakuannya pada nyeleneh...gituh deh.

3 January 2014 at 12:22

slank tetap yang terbaik....menurut saya loh
alunan musiknya yg kental nuansa rock en roll,liriknya yang berani...mantep pokoke

3 January 2014 at 14:02

Jadi ingat jaman sekolah, masih remaja waktu itu. he,,, he,,,,

Salam

3 January 2014 at 19:39

pak Jokowi fans juga ya mas sama Slank :)

4 January 2014 at 08:06

Saya suka lagu-lagu Slank sejak SMP. Mantap artikelnya,bang.

5 January 2014 at 12:23

slank terlalu manis untuk di lupakan..hehe

saya sangat menyukai lagu-lagu slank.

5 January 2014 at 15:55

buat sekarang ini slank mau konser lagi kapan ya?

5 January 2014 at 22:27

slank mah g ada matinya
hehehe
tiap ada konser pasti ada slankers

8 January 2014 at 20:05

kalau saya nggak terlalu mengikuti perkembangannya slank, tapi lagu yang paling saya suka Kuil Cinta

23 September 2014 at 20:45

Terlalu manis untuk dilupakan. Kenangan yang indah bersamamu. Tinggalah mimpi. lirik lagu slank yang paling saya sukai. yachhh mungkin karna pengalaman yang pernah saya alami.

Post a Comment

Terima Kasih atas kunjungan Anda!
Kami harapkan komentar Anda berkaitan dengan artikel, dan Komentar Anda akan kami hapus, bila:
- Menyisipkan Link Aktif di Komentar
- Link User Name Anda mengarah ke Blog Iklan
- Link User Name Anda menawarkan Aborsi, Judi, Obat Bius, Alat Bantu Sex, Foto / Gambar / Animasi Versi Pornografi.

Mohon maaf, kami pakai comment moderation!